TIPS AGAR TERHINDAR DARI PENYAKIT TBC

TBC atau tuberculosis merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang masyarakat Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang saluran pernapasan terutama paru-paru. Bakteri ini menyebar melalui udara seperti batuk dan bersin.

Seperti yang kita ketahui, TBC merupakan salah satu penyakit menular paling mematikan di dunia karena TBC dapat menyerang semua organ tubuh manusia khususnya paru-paru. Namun, tenang saja karena menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tuberkulosis dapat dicegah dan disembuhkan.

Salah satu cara ampuh untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menerima vaksinasi. Tuberculosis bisa dicegah dengan pemberian vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guerin) yang diberikan pada bayi yang belum berusia 2 bulan. Setelah mendapatkan vaksin, mencegah TBC juga bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana, seperti selalu mengenakan masker saat berada di tempat ramai serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih .

6 cara agar terhindar dari penyakit TBC atau tuberculosis:

  1. Membuka jendela agar rumah mendapatkan cukup sinar matahari dan udara segar,
  2. Makan makanan yang sehat dan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh,
  3. Olahraga yang teratur,
  4. Menjemur alas tidur agar tidak lembab dan terhindar dari bakteri,
  5. Tidak merokok dan tidak meminum minuma keras,
  6. Mendapatan suntikan vaksin BCG bagi anak usia 5 tahun untuk menghindari tubercolosis berat.

Apabila terkena penyakit TBC, maka kalian akan diobati dengan antibiotik oleh petugas kesehatan. Penggunaan obat tuberculosis perlu diminum setiap hari selama 4 hingga 6 bulan. Jika pengobatan tidak diselesaikan dengan baik, penyakit ini dapat menjadi kebal obat dan dapat menyebar sehingga membutuhkan penanganan dan pengobatan yang berbeda.

 

Source:

Healthline. 12 November 2021. Tuberculosis

World Health Organization. 21 April 2023. Tuberculosis